Sabtu, 13 Juli 2013

BIJAK GUNAKAN EARPHONE DEMI KESEHATAN TELINGA



Mendengarkan musik favorit dengan menggunakan earphone tentu bukan hal yang asing bagi kita,mulai dari anak anak sampai orang dewasa merupakan hal wajar di saat tekhnoogi saat ini mendukung sekali situasi tersebut.Namun anda harus tahu kapan anda harus membatasi menggunakannya untuk melindungi pendengaran anda,berikut ini ada beberapa Tips yang bisa membantu anda. Untuk menjaga kesehatan pendengaran sehari hari seperti yang dilansir TIMES of India dan www.merdeka.com

  1. GUNAKAN PENYUMBAT TELINGASemakin bising suara yang menerpa telinga,maka semakin besar kemungkinan suara itu akan merusak pendengaran anda,lindungi telinga anda menggunakan penyumbat atau penutup telinga.dan segeralah menjauh dari asal atau suber kebisingan agar pendengaran anda bisa kembali normal.
  2. MEMILIH ALAT YANG TERBAIK Jika ingin menggunakan earphone atau headphone, maka pilihlah yang memiliki tekhnologi NOISE CANCELLING jangan memilih earphone dengan penutup karena ini menyebabkan kita ingin meningkatkan volume musik disengaja ataupun tidak.
  3. BIARKAN TELINGA BERISTIRAHAT Jangan terus menerus megukan earphone dan mendengarkan musik dari iPod atau Mp3 dalam waktu yang cukup lama gunakanlah pada saat anda membutuhkannya saja itu akan mengurangi beban pendengaran anda.
  4. KECILKAN SUARA MUSIK Janganlah mendengarkan musik dengan volume yang tinggi, Selain menggangu orang di sekitar kita itu juga menyebabkan apabila ada seseorang memanggil kita tidak bisaa mendengar.
  5. TAHU DI SAAT SUARA TERLALU KERAS Ketika suara earphone mulai menggangu telinga anda sampai suara di sekitar kita tak terdengar apalagi sampai suara di earphone terdengar keluar dan di dengar oleh orang di sekitar kita itu bisa merusak system pedengaran anda
  6. MEMBUAT ATURAN TERTENTU Anda bisa menerapkan aturan tertentu seperti menerapkan menggunakan suara musik maksimal 50% selain menjaga agar telinga anda tidak sakit juga membuat earphone tidak cepat rusak.dan mendengarkan musik menggunakan earphone maksimal 90 menit dalam sehri dan lainnya dan sudah pasti aturan ini harus anda patuhi sendiri agar pendengaran anda terjaga "kesehatan diri berawal dari diri sendiri”
  7. SERING SERINGLAH MEMBERSIHKAN TELINGA Jangan terlalu sering membersihkan telingan dengan cutton bud namun lebih baik lagi jika anda meneteskan minyak ZAITUN ke telinga setiap minggunya untuk membantu cairan lengket di telinga keluar dengan sendirinya
  8. GUNAKAN TEKHNOLOGI YANG BAIK Jika anda ingin membeli Mp3 atau iPod Pilihlah yang memiliki smart volume fitur ini akan mengingatkan anda untuk menjaga ketinggian musik apabis terllu kencang
  9. MENGGANTI EARPHONE YANG RUSAK Segerlah ganti earphone yang rusak dan jangan menunggu hingga sampai benar benar tidak berfungsi dan tidak dapat digunakan lagi karena kita tahu kerusakan itu juga bisaaa berdampak pada kerusakan telinga kita.

Selamat mencoba semoga bermanfaat KESEHATAN DIRI BERAWAL DARI DIRI SEDIRI jika bukan diri kia sendiri yang menjaganya lantas siapa lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar