Sabtu, 13 Juli 2013

KITA HARUS DISIPLIN KELOLA KEUANGAN DENGAN AKUTANSI PEMBUKUAN


 
System komputer akuntansi diaplikasikan dari accounting system yang berbasis database system dengan menggunakan teknologi computer. Perkembangan computer dan networking sedemikian canggih dan relative murah, sehingga proses pembuatan laporan keuangan membutuhkan waktu dan relative cepat. prinsip dasarnya adalah sama dengan akuntansi manual namun karena sumber dayanya berbeda, maka proses pengolahan data keuangan dengan metode tangan/mesin tik terlihat sangat berbeda dengan proses akuntansi pada system akuntansi komputer.

MANFAAT PENCATATAN KEUANGAN
Dalam system akuntansi komputer  banyak proses akuntansi tidak perlu dilakukan karena sebagian besar prosedure akuntansi dapat diambil alih oleh komputer. Dalam system komputer akuntansi diperlukan lagi neraca lajur, karena system komputer akuntansi dapat memproses transaksi dan menyusun laporan keuangan dengan sedikit sekali campur tangan manusia. Namun sampai sekarang masih banyak perusahaan yang gagal, atau belum dapat memperoleh manfaat system akuntansi komputer akibat ketidakmampuan sumberdaya manusia. Masih banyak akuntan terutama menengah kebawah masih ngotot mempertahankan akuntansi metode tangan/mesin tik yang dioperasikan dengan menggunakan komputer berikut ini manfaat pencatatan keuangan yang perlu anda ketahui:

  1. KEUANGAN HARUS DIKETAHUI Mengetahui informasi tentang keuangan,kinerja keuangan,perubahan modal pemilik di masa lalu.berdasarkan informasi di neraca pelaku usaha akan mengetahui berapa uang tunai yang masih ada berapa piutang yang belum tertagih,berapa nilai persediaan yang masih ada,berapa nilai peralatan,bangunan,kendaraan yang dimiliki,berapa jumlah utang yang harus dibayar,dan bagaimana posisi modal pemilik perusahaan sekarang.
  2. BAHAN MENGAMBIL KEPUTUSAN Data dalam laporan keuangan dapat digunakan untuk mengambil keputusan di masa yang akan datang.
  3. MENGETAHUI NILAI PERUBAHAN KAS DAN DISTRIBUSI Berdasarkan laporan arus kas pelaku UKM akan mengetahui berapa kenaikan (penurunan) kas dalam satu pariodeselain itu dapat diketahui pula sumber kas tersebutkemana saja pengalokasiannyadan berapa jumlah penerimaan dan pengeluaran kas baik yang berasal dari kegiatan operasi,investasi ataupun pendanaan.
  4. MEMENUHI SYARAT JIKA MENGAJUKAN KREDIT KE LEMBAGA KEUANGAN Laporan yang diaudit kadang kala menjadi satu syarat pada saat UKM mengajukan kredit kepada lembaga keuangan yang biasanya berisi laporan bulanan dan proyeksi arus KAS
  5. MANFAAT LAIN Sebagai bahan pelaporan PAJAK,penyusunan anggaran kas,penetapan harga jual,penyusunan analisis impas dan lain-lain.
MANAJEMEN PERUSAHAAN   U K M
General Ledger adalah bagian utama dari komputer akuntansi. Anda cukup mencatat transaksi melalui form elektronik, selanjutnya komputer akan mengolah data transaksi tersebut sampai kesasaran akhir yaitu laporan keuangan.Tidak ada alasan untuk mengatakan bahwa komputer akuntansi sulit untuk diterapkan. Karena komputer akuntansi menciptakan system akuntansi yang mudah dan pragmatis. Bagian utama dari akuntansi adalah mencatat transaksi,Menyusun laporan keuangan adalah pekerjaan komputer sehingga dengan beberapa click tombol mouse dan input seperlunya, pengguna informasi dapat memperoleh informasi keuangan di media yang praktis yaitu media vusual. Kecepatan dan akurasi merupakan sumbangan yang nayata dari komputer akuntansi,berikut ini adalah manajemen keuangan perusahaan UKM :

  1. PISAHKAN UANG PRIBADI DAN USAHA Pisahkan uang secara fisik atau buka rekening khusus untuk bisis dan yang paling penting bersikaplah disiplin untuk penggunaan cara tersebut
  2. RENCANA PENGGUNAAN UANG Meskipun memiliki modal lebih banyak dari semula tetap harus merencanakan penggunaan uaang sebaik mungkin, Sesuikan rencana pengeluaran dengan target penjualan dan penerimaan kas urungkan rencana belanja modal jika tidak memberikan manfaat
  3. BUKU CATATAN KEUANGAN Bisnis tidak cukup dilakukan berdasarkan ingatan dan harus dengan catatan yang lengkap dan selanjutnya tingkatan administrasi untuk mencatat penjualan dan biaya
  4. PUTAR ARUS KAS LEBIH CEPAT Jangan hanya berpusat pada keuntungan namun manajemen juga meliputi juga bagaimana mengelola hutang,usahakan termin penjualan kredit sama dengan pembelian kredit sehingga tidak menumpuk banyak bentuk barang
  5. AWASI HARTA,HUTANG DAN MODAL Pastikan secara berkala persediaan di gudang dan memastikan semuanya dalam keadaan lengkap dan baik,dan hal yang sama perlu dilakukan kepada piutang kepada pembeli dan tagihan dari suplayer
  6. SISIHKAN KEUNTUNGAN UNTUK PENGEMBANGAN USAHA Pemilik usaha adalah orang yang paling berhak menikmati keuntungan namun tak lantas menghabiskannya begitu saja, dan salah satu tugas manajemen keuangan adalah menjaga kelangsungan bisnis dengan mendorong dan mengarahkan ke bidang bidang yang menguntungkan.semakin besar bidang usaha maka semakin kompleks pengelolaan keuangan suatu usaha,keberhasilan bisnis bukan saja ditentukan oleh kemampuan menjual melainkan juga bagaimana mengatur keuangan.

Komputer akuntansi disusun untuk mempermudah pekerjaan akuntansi, namun komputer akuntansi memerlukan prasyarat penguasaan teknologi informasi dan komputer, sehingga yang tidak menguasai teknologi akan mencari berbagai alasan untuk menolak kehadiran sistem akuntansi komputer dengan menunjukan fakta dari kegagalan mereka sendiri.

”BERUSAHALAH SEBAIK MUNGKIN DALAM MENGELOLA KEUANGAN ”

Selamat bekerja semoga sukses sampai tujuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar